Stuff Order
Software Gratis
P-SKAN Yogyakarta

Gigi (Mem)busuk, Bisa Berakibat Fatal...Waspadalah!!!


Penyakit gigi dan gusi termasuk penyakit yang menduduki peringkat delapan terbanyak yang terjadi di Indonesia. Dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, terdapat 72 persen masyarakat Indonesia dengan gigi berlubang, dan 89 persen anak di bawah usia 12 tahun mengalami gigi berlubang (kutipan dari Viva News).

Gigi yang berlubang janganlah dipandang sepele! Gigi berlubang jika dibiarkan saja, kerusakannya akan meluas dan lama kelamaan akan menjadi gigi busuk. Gigi busuk atau disebut gigi gangren berciri fisik warnanya akan menjadi kelabu / hitam dan mengeluarkan bau busuk yang khas karena telah memproduksi gas gangren (indol, skatol, dll). Gigi yang busuk (gangren) akan menjadi sarang bakteri. Bakteri-bakteri yang ada di dalam gigi busuk akan merusak jaringan sehingga menyebabkan timbulnya nanah / pus. Nanah atau pus akan menyebar di antara jaringan sehingga akan menyebabkan gusi bengkak , dan jika parah , bengkaknya akan menjalar hingga ke pipi dan bagian leher. Suhu tubuh kita akan meningkat, merasakan sakit yang sangat saat menelan dan rasa lemah untuk melakukan aktivitas sehari-hari (fungsiolesa). Oleh karena itu, pantaslah jika digambarkan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi.

Perlu diketahui bahwa di dalam gigi terdapat serabut syaraf dan pembuluh darah. Jika bakteri-bakteri dari gigi yang busuk masuk ke dalam pembuluh darah maka dapat terbawa ke organ-organ tubuh yang lain dan bisa menyebabkan terjadinya infeksi dari organ lain tersebut, seperti jantung, bahkan kemungkinan akan menyebakan kematian akibat sepsis atau bakterimia. Sungguh mengerikan !

Menilik akibat fatal yang mungkin terjadi, sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kabar baiknya, menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak sesulit menjaga kesehatan bagian tubuh yang lain. Jika gigi sudah berlubang, segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Setelah itu, kami menganjurkan perawatan rutin dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi enzim, pasta gigi yang diformulasikan untuk membersihkan gigi dan menjaga keseimbangan bakteri-bakteri di dalam rongga mulut.

KOMENTAR untuk "Gigi (Mem)busuk, Bisa Berakibat Fatal...Waspadalah!!!"

Artikel Terkait



Ikuti lewat email

 
Copyright © 2011 - 2014 | DachiNet | All right reserved.
Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.